Khutbah Jum’at – 20071109

Umat Islam merupakan umat terbaik yang pernah ada di muka bumi (diciptakan ALLOH SWT). Sebagai buktinya, umat Islam pernah menguasai peradaban dunia selama ratusan tahun sebelum akhirnya pamor Islam menurun drastis. Sayangnya penurunan ini terjadi tidak kalah lama.Umat Islam menjadi umat yg terpecah-belah, tercabik-cabik, sehingga kita mesti banyak introspeksi dan merenungkan hal ini (dan selanjutnya mengambil tindakan). Yang menjadi musuh utama dari umat Islam adalah orang Yahudi, sebagaimana ALLOH SWT nyatakan di Al Maidah(5):82,“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani”. Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.”

Israel adalah sebuah negara kecil, namun bisa menguasai Amerika Serikat serta (nyaris) melumpuhkan kekuatan Islam, yg jumlahnya lebih besar. Apa penyebabnya? Ternyata jumlah bukanlah faktor penentu kemenangan, tapi hendaknya diiringi dengan kualitas.

ALLOH SWT berfirman,“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Al Imron(3):110).

Ayat di atas menjelaskan bahwa kita, umat Muslim, adalah umat yg terbaik. Namun mengapa kita ‘kalah’ di medan pertempuran melawan musuh2 Islam? Karena kita masih belum menyuruh ma’ruf dan mencegah munkar. Masih banyak kemunkaran di sekitar kita yg kita sering tutup mata.

Setidaknya ada 4 (empat) pilar yang harus dilakukan agar umat Islam bisa bangkit:
1. Bangga dengan Islam.
Tentu saja yang dimaksud di sini bukan hanya bangga terhadap label/organisasi saja. Namun kita mesti bangga dengan ajaran Islam…selain mempraktikkannya, tentu saja. Bangga di sini, kita tidak perlu minder/rendah diri dengan umat2 lain.

2. Melaksanakan ajaran Islam secara menyeluruh (kaffah).
Al Baqarah(2):208 sudah menyatakan ini,“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”

3. Mendakwahkan Islam.
Tiap pribadi muslim adalah pendakwah, tentunya sesuai dengan kemampuan dia. Bagi perempuan, memakai jilbab merupakan salah satu cara dakwah.

4. Menggunakan potensi untuk berjihad (berjuang di jalan ALLOH SWT).
Tentu saja, jihad bukanlah hanya perang. Menuntut ilmu yg bermanfaat, mengayomi anak yatim piatu, fakir miskin, bahkan mencari nafkah bisa menjadi jihad. Jadi, jangan persempit arti jihad.

About these ads

7 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20071109

  1. abdullah says:

    Ass wr.wb

    Saya mau tanya saja, khutbah jum’at pakai bahasa indonesia atau Al-Qur’an dan ditutp dengan doa???
    mana yang benar??? mohon penjelasaannya…

    Wass


    Wa’alaykumsalam wr wb
    Khutbah boleh menggunakan bahasa apa saja, yang penting bisa dimengerti oleh para pendengar.
    Untuk do’a juga boleh menggunakan bahasa setempat.
    Namun yg terkait dengan rukun khutbah, HARUS mencontoh dari Rasululloh SAW.

    Wa’alaykumsalam wr wb

  2. khanifudin says:

    1. khotbahnya mohon mencantumkan rukun
    2. mohon dilengkapi tulisan arabnya

    1. Rukun bisa dibaca di sini.
    2. Maaf, kami tidak sediakan tulisan arabnya.

  3. Imamsy1408 says:

    Memang postingan khutbah diatas hanya Intisarinya saja, Akan tetapi saya juga setuju dengan comments terdahulu bahwa selain rukun dan syarat-syaratnya, diikuti dengan tartib kronologisnya, maka khutbah Jum’at tersebut akan terasa ada powernya.

  4. dinnY says:

    hi deanny…….!!!! good afternoon…..!!!!

  5. mastur says:

    mhn cantumkan materi-materi yang aktual, agar dpt disebar luaskan tuk masyarkat

  6. Toyalisi, S.Ag. says:

    minta dikirim materi khutbah yang aktual terima kasih sebelumnya semoga amal ibadahnya dibalas oleh Allah swt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: