Khutbah Jum’at – 20071102

Al Maidah(5):3,”…Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Ayat ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yg sempurna dan diridhoi ALLOH SWT.

Saat ini, di Indonesia sedang marak aliran sesat, baik Al Qiyadah maupun Lia Eden. Untuk itu, kita mesti mencermati fenomena ini serta melakukan tindakan pencegahan, dengan membentengi aqidah keluarga dan lingkungan kita (tentunya sesuai dengan kemampuan kita).

Selain itu, kita mesti melakukan introspeksi (muhasabah) terhadap ajaran (Islam) yg kita anut ini. Apakah perilaku kita sudah sesuai dengan aturan Islam? Adakalanya, seseorang yg rajin beribadah dan berusaha mendekati dirinya dengan ALLOH SWT, namun kenyataannya dirinya semakin jauh dengan ALLOH SWT.

Hal di atas hendaklah menjadi pemikiran kita. Siapa yg mesti disalahkan dengan kondisi dan kejadian di atas? Yang jelas, ALLOH SWT adalah Dzat Yang Maha Benar. Islam merupakan agama yang benar, serta Rasululloh SAW merupakan pribadi yg selalu benar (al amin). Berarti pihak yg ‘mesti disalahkan’ adalah diri kita, karena lemahnya iman merupakan penyakit yang bisa membuat kita kian jauh dari ALLOH SWT.

Memeluk Islam itu berarti beribadah kepada ALLOH SWT. Meski kuantitas menjadi salah satu ‘syarat’ dalam beribadah, namun kita juga mesti perhatikan kualitas ibadah kita. Meningkatkan kualitas ibadah itu berarti kita akan kian dekat dengan ALLOH SWT.

Jika kualitas ibadah sudah meningkat, maka semestinya (umat) Islam di Indonesia (sebagai agama mayoritas) akan lebih mudah menyelesaikan berbagai masalah. Namun, kenyataannya masalah yg ada kian bertambah dan kian kompleks.

Lalu, darimana kita melakukan perbaikan? Tentu saja perbaikan mestilah dimulai dari diri kita. Caranya tidaklah sulit, yakni meningkatkan kualitas ibadah serta menerapkannya di masyarakat. Kualitas ibadah akan terlihat dari sisi agama dan moral. Semakin baik kualitas agamanya insya ALLOH akan tecermin dari sikapnya.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20071102

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: