Khutbah Jum’at – 20070928

Manusia mempunyai fitrah untuk selalu dekat dengan Penciptanya, ALLOH SWT. Contoh paling mudah, apabila sedang terjadi bencana/kesulitan hidup yg dialami manusia. Mereka akan berbondong-bondong mengadu kepada ALLOH SWT. Namun pada saat rasa senang sudah didapat, maka lupa adalah sifat dasar manusia, sehingga mereka seakan-akan tidak pernah membutuhkan ALLOH SWT.Pada dasarnya, seorang atheis pun mengakui akan adanya Dzat yg berkuasa, namun kesombongannya (baik pikiran/akal ataupun hati) membuat dia menolak kebenaran yg hakiki itu.

Ar Rum(30):30,“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,”

Orang atheis, pada hakikatnya merasa dirinya kesepian, dunia terasa sempit, kehilangan arah dan tujuan hidup yg hakiki. *perbincangan orang atheis dg orang agamis bisa di baca di sini*

Kedudukan dan fungsi hati:
– Landasan akhlak paling utama
– Menjaga dari keraguan
– Menumbuhkan hasrat untuk dekat dengan ALLOH SWT
– Mengingatkan kita agar berhati-hati dalam perjalanan hidup
– Menjaga amal perbuatan
– Sumber perilaku manusia

Dalam salah satu hadits yg terkenal, Rasululloh SAW menyatakan,“Ada segumpal daging didalam diri, bila daging itu jelek, maka jelek pulalah seluruh diri kita, jika segumpal daging itu baik, baik pulalah seluruh diri kita, itulah qolbu/hati”

Kesimpulan: JAGALAH HATI…!!!

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070928

  1. Dwi Sapto May says:

    Very interesting!

Leave a comment