Khutbah Jum’at – 20070907

Sesungguhnya, hidup itu hanyalah sebentar. ALLOH SWT sudah berfirman,“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”(Ali ‘Imran(3):145).

Saat menghadap dan menemui ALLOH SWT di akhirat kelak, tidak ada hal lain yg lebih bermanfaat daripada amal kebajikan, amal saleh, dan iman kepada-Nya. Umat manusia dan jin sebenarnya sudah mempunyai tugas, yakni beribadah kepada-Nya, sebagaimana tertulis di surat Adz Dzaariyat(56):51,“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”

Rasululloh SAW menyatakan bahwa Ramadhan merupakan tamu agung. Untuk itu, dalam rangka menyambut tamu agung ini, hendaknya manusia (terutama kaum Muslim) mempersiapkan diri sebaik-baiknya, serta memperbanyak amal ibadah pada saat Ramadhan, karena Ramadhan merupakan bulan yg penuh berkah, rahmat, dan ampunan.

Pada saat kita berada di bulan Ramadhan, sesungguhnya kita telah diberi kesempatan untuk:
– meningkatkan kesabaran
– memperbanyak ibadah, baik kepada ALLOH SWT maupun kepada sesama manusia
– mempererat dan mempertebal tali persaudaraan

Di Al Baqarah(2):183, kita akan temukan tujuan berpuasa, yakni MENJADI ORANG-ORANG YG BERTAKWA.“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Arti dari pintu neraka ditutup adalah kaum Muslim TIDAK BERBUAT MAKSIAT, karena maksiat akan menghantarkan diri kita ke neraka. Sementara arti dari setan terbelenggu adalah kaum Muslim mesti MENGENDALIKAN HAWA NAFSU.

About these ads

3 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070907

  1. natsir amin says:

    Puasa adalah satu satunya ibadah milik Allah , oleh sebab itu kita berikan yang terbaik….la’allakum tattaquun…. (agar engkau bertaqwa . Al Baqarah 183 )……Taqwa bermakna taat dan selalu dalam kebenaran atau terpelihara …..sehingga bermakna peliharalah puasamu dari godaan nafsumu agar puasamu yang milikKu itu Kuterima dalam keadaan terpelihara . Amin.

  2. abu abdirrahman says:

    assalamu alaikum Wr.Wb.
    Lewat tulisan ini saya mengajak diri saya dan kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat hendaknyalah kita senantiasa memperbaharui aqidah kita yang merupakan dasar dan landasan dalam agama kita . jika kalau kita menyimak menyaksikan melihat keadaan masyarakat kita sungguh sangat mengerikan dan menyedihkan karena masih banyaknya masyarakat kita melakukan pelanggaran – pelanggaran syariat dalam ajaran agama Allah SWT .
    yaitu :
    1. Amalan kesyirikan
    2. Amalan Bid’ah
    3. Khurafat dan sebagianya

    ini merupakan penyakit yang paling ganas yang menggorogoti masyarakat kita tanpa mereka sadari bahwa kesemuanya itu merupakan dosa yang paling Dzalim sebagaiaman allah SWT berfirman :
    Inna syirka ladzulmu adzim .
    olehnya itu kaum muslimin perlunya dan pentingnya kita belajar dan mempelajari agama Allah SWT serta bertanya kepada Ulama kita agar senatiasa terjaga dan terbimbin diatas jalan Sirotal Mustaqim .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: