Khutbah Jum’at – 20070914

Iman kita mesti senantiasa dijaga, karena kematian datangnya mendadak. Bisa jadi saat kematian datang, iman kita sedang di posisi yg sedemikian rendah, naudzubillah min dzalik. Saat kematian datang, dia bisa menjelma menjadi bencana gempa, kebakaran, ataupun hal-hal lainnya.

ALLOH SWT sudah berfirman,“Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.” (Yunus(10):109) yg bermakna bahwa iman yg harus dijaga adalah iman yg berasal dari ALLOH SWT, bukan iman sembarang iman.

Bencana sebenarnya bisa diprediksi dengan menggunakan ilmu pengetahuan/nalar. Namun, yg bisa manusia lakukan hanyalah memprediksi. Adapun kapan bencana itu datang dengan pasti, itu adalah rahasia ALLOH SWT.

Rasululloh SAW menyatakan bahwa kaum muslim, dalam kondisi apapun selalu bagus. Jika seorang muslim sedang didera kesulitan, dia akan bersabar….dan itu bagus. Sebaliknya, jika seorang muslim mendapat kebahagiaan, misalnya berupa harta, itu juga bagus…karena dia akan menggunakan harta itu di jalan ALLOH SWT.

Ujian yg diberikan ALLOH SWT terbagi dalam 2 bagian, hal-hal baik dan hal-hal buruk. Sayangnya, manusia seringkali terjebak dalam pandangannya sendiri. Mereka menganggap hal-hal baik ~ nikmat, padahal belum tentu itu nikmat yg sebenar-benarnya. Bisa jadi ALLOH SWT menguji dia. Sementara hal-hal buruk selalu dianggap ujian yg begitu berat, padahal sebenarnya hal-hal buruk itu bermanfaat bagi dirinya.

Manusia janganlah berlebih-lebihan dan putus asa dari ALLOH SWT, karena Al Qur’an sudah menyatakan (Az Zumar(39):53),“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Umur umat Islam diperkirakan sekitar 1500 tahun sejak kedatangan Rasululloh SAW selaku Nabi dan Rasul terakhir. Jika sekarang 1428H, maka sisa umurnya hanya 72tahun. Selama umat Islam ‘hidup’, terdapat 5 periode kepemimpinan:

  1. Kenabian
  2. Kekhalifahan
  3. Kerajaan
  4. Kekuasaan Diktator (oleh musuh2 Islam)
  5. Kekhalifahan Imam Mahdi (menjelang kiamat)

3 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070914

  1. natsir amin says:

    Bersabar bukan hanya bermakna menerima segala sesuatu apa adanya bila ditegur Allah .
    Sabar didalamnya sedikitnya terkandung 3 hal :
    1.introspeksi atau kotektif diri atas amal ibadah
    2. senantiasa zikrullah
    3. lebih aktif dalam kegiatan sehari hari yang intinya adalah ibadah.

  2. […] telah diutarakan pada khutbah terdahulu, bahwa ujian terbagi menjadi 2, yakni ujian yg ‘manis’ seperti mendapatkan kemudahan dalam harta, jabat…. Puasa di bulan Ramadhan merupakan ujian yg ADIL, karena semua orang mesti melakukan hal yg sama, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: