Khutbah Jum’at – 20070824

ALLOH SWT berfirman di surat Ali Imran(3):31,“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Ayat di atas merupakan salah satu jawaban mengapa Rasululloh SAW diturunkan, yakni agar manusia diampuni dosa-dosanya, yakni dengan cara mengikuti (contoh) Rasululloh SAW dalam hal beribadah kepada ALLOH SWT dan bersosialisasi kepada sesama manusia.

Beliau juga diturunkan untuk ditaati, seperti yg tercantum pada An Nisa(4):64,“Dan kami tidak mengutus seseorang rasul, melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.”

Salah satu amalan lain dari Rasululloh SAW adalah berdzikir (mengingat) ALLOH SWT, bahkan menjelang tidur tetap berdzikir. Beliau juga senantiasa khusyu’ dalam melaksanakan ibadah sholat, tidak tergesa-gesa dalam sholat. Hasilnya, beliau mendapatkan ketenangan yang hakiki.

Walaupun Rasululloh SAW sudah dijamin masuk surga, namun beliau tetap beribadah dengan kualitas dan kuantitas yang tidak pernah bisa disamai oleh manusia lainnya. Hal ini dikarenakan beliau merupakan makhluk-Nya yang paling banyak bersyukur atas segala nikmat yang didapatnya.

Rasululloh SAW juga sangatlah mencintai umatnya. Hal ini terbukti dengan keinginan beliau untuk memberikan syafa’atnya (pertolongan) kepada umatnya di hari akhirat kelak.

Pertanyaannya, sudahkah kita mencintai dan mentaati Rasululloh SAW?

One thought on “Khutbah Jum’at – 20070824

Leave a comment