Khutbah Jum’at – 20070817

Kemerdekaan yang didapat bangsa Indonesia, yang kita nikmati sekarang ini, adalah hasil jerih payah yang tak ternilai dari perjuangan para syuhada/pejuang. Mereka berjuang dengan mempertaruhkan harta, jiwa, demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia agar lepas dari cengkraman kolonial yang dzalim.

Atas berkat rahmat ALLOH SWT, cita-cita luhur mereka tercapai, karena perjuangan mereka senantiasa berpedoman kepada petunjuk Ilahi,“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali Imran(3):103).

Nikmat kemerdekaan ini hendaklah disyukuri, dengan jalan melakukan tindakan-tindakan yang diridhai-Nya, serta meninggalkan perbuatan yang dimurkai-Nya. Kita mestilah menyadari betapa pentingnya mensyukuri kemerdekaan ini, karena dengan kemerdekaan inilah bangsa ini dapat bersatu serta mempuyai semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Namun, nampaknya kita masih tidak bersyukur, karena masih banyak pembangunan yang tidak berorientasi ke bangsa, namun lebih ‘mengenyangkan’ para pejabat dan segelintir orang saja. Perpecahan, kerusuhan, dialami dan dilakukan oleh bangsa Indonesia, karena mereka sudah tercerai berai oleh hasutan setan.

Banyaknya perbuatan dosa juga memperlihatkan bahwa kita belum mensyukuri nikmat kemerdekaan ini sebagaimana mestinya. Padahal, jika kita tidak bersyukur, ALLOH SWT sudah jelas-jelas menyatakan akan menurunkan azab, sebagaimana dinyatakan di surat Ibrahim(14):7,“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.”

Semoga kita termasuk orang-orang yg bersyukur atas nikmat kemerdekaan yang telah kita peroleh ini.

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070817

  1. IMAM HARYANTO says:

    TERIMA KASIH INFO KHUTBAH JUM’ATNYA
    JAZAKUMULLOH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: