Khutbah Jum’at – 20070713

Rasululloh SAW dan sahabat2 telah berhasil menunjukkan arti dari persaudaraan yang Islami (ukhuwah Islamiyah), dengan membaurnya kaum Muhajirin (kaum muslim dari Mekkah) dengan kaum Anshar (kaum muslim dari Medinah).Keberhasilan mereka disebabkan mereka begitu memahami apa maksud dari Al Hujurat(49):10,“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.” serta Al Hasyr(59):9,“Dan orang-orang yang telah menempati Kota Madinah dan telah beriman (Ansar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Di jaman sekarang, masih adakah ukhuwah Islamiyah? Ternyata sesama muslim (tokoh politik) malah saling berebut kuasa, pengaruh, saling cakar, dan tak segan-segan untuk memfitnah atau menikam dari belakang, demi bisa merebut dan mendapatkan kekuasaan.

Jangankan di tingkat para pemimpin politik, di kalangan pengusaha dan rakyat juga nyaris sulit ditemukan ukhuwah Islamiyah. Para pengusaha, alih-alih membantu saudaranya yg sedang kesulitan pangan, mereka malah menimbun barang-barang pokok yang jelas2 dilarang oleh Islam.

Mampukah kita mendahulukan kepentingan sahabat kita di saat kita juga sedang membutuhkan sesuatu yg dibutuhkannya itu? Mari kita becermin pada diri masing-masing.

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070713

  1. dede says:

    ustad,ceramahnya saya pake buat tugas sekolah ya,terimakasih

Leave a comment