Khutbah Jum’at – 20070706

Mendidik Anak Dengan Pendidikan Yang Islami

Dalam surat Ath Thalaq(65):3, ALLOH SWT berfirman,“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” Ini merupakan janji-Nya yang akan membantu tiap hamba-Nya yang tawakal (mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya).

Sudahkah kita mendidik anak kita dengan pendidikan yang Islami?

An Nisa(4):9,“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” menegaskan bahwa ALLOH SWT menyuruh kita JANGAN MENINGGALKAN KETURUNAN YANG LEMAH. Lemah yang dimaksud di sini adalah lemah dalam harta (miskin), lemah dalam ilmu (bodoh), dan lemah iman (murtad/keluar dar Islam/ingkar kepada ALLOH SWT).

Sebagai orang tua, kewajiban yang harus dipenuhi (kepada anaknya) adalah:
1. Memberi nama yang Islami (atau yang baik).

2. Meng-akikah-kan. Tujuan dari akikah adalah menjadikan si anak:
a. rajin sholat 5 waktu
b. tekun berpuasa (minimal puasa Ramadhan)
c. menjadi ahli ibadah
d. terhindar dari hal2 (perbuatan) yang buruk

3. Memberi nafkah keluarga dengan hasil/harta yang halal. Harta haram yang dimakan oleh keluarga/anak kita akan membuat mereka menjadi sulit menerima kebenaran/beribadah/belajar Islam.

4. Mendidik anak dengan cara Islami. Rasululloh SAW menyatakan agar selaku orang tua, kita mesti mendidik 3 perkara ‘dasar’ berikut:
a. Cinta kepada ALLOH SWT, dengan sering membaca Al Qur’an, karena membaca Al Qur’an = berkomunikasi dengan ALLOH SWT.
b. Cinta kepada Rasululloh SAW, dengan membaca shalawat, mengikuti sunnahnya.
c. Mengenal dan bergaul dengan ulama/kiai, sehingga akan lebih banyak mencontoh dan berbuat yang baik. Selain itu hal ini akan mengajarkan ketaatan.

5. Mengajarkan keterampilan berupa jahit menjahit, berkuda, berenang, serta gulat.

6. Memperkenalkan halal dan haram.

7. Apabila sudah waktunya, menikahkannya.

3 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070706

  1. […] Kewajiban orang tua terhadap anaknya sudah pernah aku bahas (termasuk memberi anak nama yang baik). Silakan baca tayangan tivi yg tidak mendidik (untuk mencegah dampak negatif tv kepada anak), tidak membunuh anak karena takut miskin, serta poin2 penting lainnya. […]

  2. […] Kewajiban orang tua terhadap anaknya sudah pernah aku bahas (termasuk memberi anak nama yang baik). Silakan baca tayangan tivi yg tidak mendidik (untuk mencegah dampak negatif tv kepada anak), tidak membunuh anak karena takut miskin, serta poin2 penting lainnya. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: