Khutbah Jum’at – 20070622

Ayat Al Baqarah(2):21 berbunyi seperti berikut,“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.” Berdasarkan ayat tersebut, ALLOH SWT sudah menyuruh SELURUH MANUSIA untuk menyembah-Nya. Bukan sekedar manusia di kota Mekkah (tempat ayat ini diturunkan), bukan pula sekedar manusia di jazirah Arab, tapi seluruh manusia, sejak jaman Nabi Adam as hingga manusia akhir jaman kelak.

Ibadah, secara garis besar, dibagi menjadi 2:
1. Ibadah Mahdlah, yakni ibadah vertikal, dari manusia kepada Sang Khaliq.
2. Ibadah Ghair Mahdlah, yakni ibadah horizontal, dari manusia kepada sesamanya.

Definisi ibadah, menurut jumhur (sebagian besar) ulama adalah SEMUA PEKERJAAN/AKTIVITAS YANG DICINTAI, DISUKAI, & DIRIDHOI ALLOH SWT. Secara garis besar, aktivitas ibadah terbagi menjadi dua:
1. Ucapan, seperti mengajak kepada kebaikan (berbuat baik) ataupun menjauhi (tidak mengerjakan) keburukan/maksiat.
2. Tindakan, contohnya bekerja untuk mencari nafkah bagi keluarga.

Ibadah kepada ALLOH SWT tidak sekedar sholat atau puasa saja. Akan tetapi, berbuat baik kepada manusia juga termasuk dalam pengertian ibadah. Yang mesti diperhatikan, ibadah kepada ALLOH SWT mempunyai aturan dan cara2nya, yg telah dicontohkan Rasululloh SAW. Sebagai contoh, sholat, haji, puasa, dan lainnya.

Sementara ibadah yg dilakukan kepada sesama manusia bisa disesuaikan dengan posisi dan kemampuan manusia yang bersangkutan. Misalnya, seorang pemimpin…maka dia bisa beribadah dg cara mengajak para bawahannya untuk selalu tepat waktu saat kerja. Apabila seorang ketua RW, dia bisa menyelenggarakan kerja bakti di lingkungannya, yg diikuti oleh warga2nya.

Mari kita beribadah sesuai dengan kemampuan yg kita miliki.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20070622

Leave a comment