Khutbah Jum’at – 20070601

Konsep dasar pendidikan yg diajarkan oleh Islam adalah TIDAK MENYEKUTUKAN ALLOH SWT. Hal ini tercantum di surat Lukman(31):13,“Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar”.”

Penafsiran larangan syirik kepada ALLOH SWT bisa disampaikan dengan berbagai cabang ilmu pengetahuan, baik matematika, fisika, biologi, dan yang lainnya.

Sayyid Qutb, seorang ulama di abad 20 menyatakan bahwa dirinya percaya kekuatan ilmu pengetahuan serta kebudayaan, namun dia menyatakan bahwa dirinya SANGAT percaya dengan kekuatan PENDIDIKAN.

Di jaman sekarang, banyak orang tua yg memberikan pendidikan yg salah, bahkan cenderung menelantarkan pendidikan bagi anak2nya. Tidak heran, jika banyak kekacauan terjadi di rumah tangga, terutama belakangan ini.

Sistem pendidikan bisa dibagi menjadi 2 bagian:
– Pendidikan sekuler, yg lebih mengutamakan panca indra semata.
– Pendidikan Islam, selain mengutamakan panca indra, juga menambahkan hati (qolbu) sebagai penyeimbang.

Efek manusia yg dihasilkan dari 2 sistem pendidikan tersebut di atas sangatlah berbeda. Sebagai contoh, pendidikan sekuler hanya menghasilkan orang2 berpendidikan (pintar) namun kosong jiwanya. Tidak heran korupsi dan kemaksiatan terus berjaya karena outputnya adalah hasil pendidikan sekuler.

Pendidikan yg mesti diterapkan kepada anak:
– Cinta, mengenal, dan mencontoh (meneladani) akhlah Rasululloh SAW, karena Rasululloh SAW merupakan suri tauladan yg terbaik.
– Mengenalkan, mencintai, membaca, mengerti, dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20070601

  1. Salam,

    Would you happened to have English version of these wonderful Khutbah on your site?

    Wa-Salam
    StudentInIslam

Leave a comment