Khutbah Jum’at – 20070608

Dalam surat Al Kautsar(108), ALLOH SWT berfirman sebagai berikut,“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. — Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. — Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.”

Dari ayat2 di atas, ALLOH SWT menjelaskan bahwa manusia telah mendapat nikmat dari-Nya yg begitu banyak. Karenanya, sebagai bukti syukur, manusia diperintahkan untuk sholat dan berqurban, dengan niat untuk-Nya.

Sholat merupakan bentuk penghambaan diri manusia kepada Sang Khaliq, Sang Pencipta.

Kaum Muslim yg benar sholatnya, akan memiliki beberapa karakteristik berikut:
– Mengurangi dan menghentikan berbuat maksiat
– Banyak bersyukur kepada-Nya
– Hanya bertindak/berbuat demi ALLOH SWT (senantiasa ikhlas)

ALLOH SWT juga menyatakan dalam Ibrahim(14):7,“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” Di sana ALLOH SWT berjanji akan menambah nikmat orang2 yg bersyukur atas nikmat yg diberikan-Nya. Sementara bagi orang2 yg ingkar (tidak mengakui nikmat-Nya), ALLOH SWT akan menjatuhkan azab-Nya.

Pada tingkatan orang yg benar2 telah ikhlas dan bersyukur atas nikmat yg diberikan-Nya, dia tidak akan segan untuk mengluarkan sebagian (bahkan mungkin semua) hartanya. Dia belanjakan hartanya itu untuk kepentingan di jalan ALLOH SWT.

Syukur nikmat bisa dilakukan oleh berbagai golongan orang. Orang yg berilmu bersyukur dg menyebarkan dan mengajarkan ilmu2nya (yg bermanfaat) kepada orang lain. Pemimpin bersyukur dg memimpin secara adil. Dan masih banyak lagi penerapannya. Bahkan sakit pun merupakan salah satu nikmat-Nya.

Dengan demikian, syukur nikmat bukanlah sekedar ucapan “Alhamdulillah” saja, namun juga mesti dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga kita termasuk orang2 yg bisa bersyukur serta mempraktikannya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: