Khutbah Jum’at – 20070504

Tema dari khutbah Jum’at kali ini adalah “Meneladani Rasululloh SAW Dalam Menegakkan Islam”.

Keadaan bangsa Arab pada saat Rasululloh SAW belum menjadi utusan ALLOH SWT, merupakan sebuah masyarakat yg maju dalam hal perdagangan dan kebudayaan. Ini dibuktikan dengan syair2 hasil karya para pujangga2/seniman2. Dalam hal perdagangan, kota Mekkah dan Madinah merupakan salah satu pusat perdagangan.

Akan tetapi para penduduknya berperilaku kejam, biadab, dan tidak masuk akal. Berbagai kejahatan, seperti riba, perzinaan, pembunuhan, perang, dan perilaku2 lainnya. Oleh sebab itu, Rasululloh SAW diturunkan dan diutus di sini, karena Rasululloh SAW diturunkan untuk memperbaiki moral para penduduk jazirah Arab (pada awalnya, dan seluruh manusia sebagai tujuan akhirnya).

“Hai Nabi sesungguhnya kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, — dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi.” Al Ahzab(33):45-46.

Untuk memperbaiki akhlak dan moral bangsa Arab, Rasululloh SAW sudah dipersiapkan dirinya oleh ALLOH SWT dengan akhlak dan perilaku yg santun, mulia, dan bisa diandalkan. Dengan kata lain, Rasululloh SAW sudah ditetapkan sebagai suri tauladan yg baik (uswatun hasanah), sebagaimana tercantum di Al Ahzab(33):21,“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Berdasar Al Ahzab:45-46, maka Rasululloh SAW mempunyai tugas sebagai berikut:
– menjadi saksi atas perbuatan manusia (umatnya)
– membawa kabar gembira
– menyampaikan peringatan
– penyeru (pengajak) kembali ke agama ALLOH SWT
– menjadi penerang/cahaya

One thought on “Khutbah Jum’at – 20070504

Leave a comment