Khutbah Jum’at – 20080919

Hati adalah raja yang menggerakkan seluruh anggota badan. Hati bersemayam di dalam dada, dilindungi, dikelilingi, dan dilayani oleh seluruh anggota badan yg lain. Dengan demikian, hati adalah anggota badan manusia yg paling mulia. Dengan hati, pilar-pilar kehidupan kokoh berdiri.

An-Nu’man bin Basyir berkata, “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat hal-hal musyabbihat (syubhat / samar, tidak jelas halal-haramnya), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal musyabbihat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya. Dan, barangsiapa yang terjerumus dalam syubhat, maka ia seperti penggembala di sekitar tanah larangan, hampir-hampir ia terjerumus ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati.'” (HR. Bukhori)

Hati merupakan alat pengendali segala kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari. Jika hati seseorang jernih, maka ia akan menerjemahkan setiap pesan dari otak sebagai pesan yg jelas, terang benderang, dan berorientasi positif. Sebaliknya, jika hati sedang gelap, maka proses yg diterima akan cenderung negatif.

Beberapa virus hati yang mesti dihindari:

– Berlebihan dalam berbicara

– Berlebihan dalam memandang kemaksiatan

– Berlebihan dalam makan

Beberapa tips melembutkan hati:

– Dzikrullah dan membaca Al Qur’an

– Istighfar

– Beramal salih dengan terus menerus (tanpa henti)

– Menghadirkan perasaan takut mati dalam keadaan su’ul khatimah

– Memperbanyak ingat mati

– Memikirkan kehinaan dunia

5 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20080919

  1. EVAN says:

    saya ingin khutbah tentang waria dan cara menyadarkannya

  2. rahma says:

    tolong di buatkan khutbah jum’at tentang KERUKUNAN ANTAR AGAMA
    kirim ke e-mail saya
    sukron

  3. smg senantiasa terus menampilkan tema2 yg up to date, sesuai kebutuhan masyarakat modern.

  4. jurumia says:

    tolong kirimin khutbah jumat

Leave a comment