Khutbah Jum’at – 20080620

Ibadah tidak akan berarti jika kita lalai dengan tujuan kita. ALLOH SWT berfirman dalam surat Al Maauun(107):4-5,“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat, — (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,”

Yang dimaksud dengan lalai:
1. Orang2 yg lalai pada yg dituju. Pada saat sholat, yg semestinya mengingat ALLOH SWT (dzikrullah), malah mengingat hal lain, terutama masalah pekerjaan, bisnis, dst. Sholat sebagai sarana pengingat ALLOH SWT tertulis pada Thaha(20):14,“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku.”

Saat sholat hendaknya banyak2 mengingat ALLOH SWT,“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Al Ankabut(29):45.

2. Orang2 yg lalai pada tujuan setelah dia sholat. Dasarnya adalah Al Ankabut(29):45. Selain itu ada hadits dari Imam Ahmad, yg berbunyi Rasululloh SAW bersabda yg isinya lebih kurang banyak orang yg malamnya sholat malam tapi di pagi hari dia mencuri.

Sholat sangat berperan dalam membentuk perilaku yg baik dana sosialisasi dengan masyarakat (jika melakukan sholat berjama’ah). Jika orang yg sering sholat tapi masih sering merugikan orang lain, itu artinya sholatnya masih belum didirikan, baru sekedar kewajiban. Rasululloh SAW sudah menyatakan hal ini,“Barang siapa sholatnya tidak dapat mencegahnya dari perbuatan keji, sesungguhnya ia bertambah jauh dari Allah.”

Orang yg sholatnya benar, dia akan mampu menciptakan kedamaian di masyarakat serta ketentraman di lingkungan sekitarnya. Orang yg beriman dengan sebenar-benarnya iman, akan menjaga sholatnya.

About these ads

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20080620

  1. Mawardi Hakkie says:

    Saya lg belajar menjadi Khotib Sholat Jumat, saya sangat mengharapkan bila naskah khotban Jumat dikirim kealamat email tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: