Khutbah Jum’at – 20070720

Kita sudah memasuki Jum’at pertama di bulan Rajab. Rajab merupakan salah satu bulan yg diagungkan, sebagaimana firman ALLOH SWT,“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” Bulan-bulan haram lainnya adalah: Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Di bulan Rajab ini ada peristiwa Isra’ Mi’raj, yang tidak saja menjadi mu’jizat tapi juga menjadi penguji keimanan para kaum muslim. Selain itu, Isra’ Mi’raj bisa menjadi pelajaran hidup bagi manusia.

Di bulan Rajab ini juga, wahyu sholat diberikan langsung kepada Rasululloh SAW oleh ALLOH SWT tanpa melalui perantara malaikat Jibril seperti biasanya. Ini menandakan bahwa ibadah sholat mempunyai makna yang begitu tinggi.

Namun hati2 dengan amalan-amalan bid’ah di bulan Rajab.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20070720

Leave a comment