Khutbah Jum’at – 20070420

Kaum muslim yg hidup sejaman dengan Rasululloh SAW, sangatlah MILITAN terhadap Rasululloh SAW. Mereka bersedia berkorban apa saja demi Rasululloh SAW, hatta itu nyawa mereka. Tidak terhitung berapa banyak sahabat yg gugur di medan perang maupun disiksa oleh kaum kafir, karena mereka begitu menyayangi Rasululloh SAW, bahkan tidak ingin Rasululloh SAW terluka sedikit pun.

Mencintai dan menyayangi Rasululloh SAW berarti kita akan selalu mengikuti dan menuruti sunnah-sunnahnya. Termasuk di dalamnya adalah hukum-hukumnya, baik dalam ibadah maupun dalam bermasyarakat. Sudah seharusnya kita mengikuti hukum2 yg ditetapkan Rasululloh SAW, karena beliau adalah suri tauladan dan perwakilan ALLOH SWT (dengan menjadi utusan-Nya). Sehingga bisa ‘dipastikan’, mengikuti Rasululloh SAW = mendapat ridho ALLOH SWT.

Hanya sayangnya, meski umat Islam di Indonesia merupakan mayoritas, namun pemerintah dan masyarakatnya masih enggan untuk menggunakan dan menerapkan hukum ALLOH SWT. Tak heran, begitu banyak maksiat dan bencana terjadi karenanya.

Beberapa metode untuk menegakkan hukum ALLOH SWT:
1. Menegakkan aqidah, siap bertuhankan hanya ALLOH SWT. Ciri2nya = menjadi muslim yang kaffah (menyeluruh). Perhatikan Al Baqarah(2):208,“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”
2. Tidak mengikuti langkah-langkah setan, yakni usaha merusak dunia/tataran hidup. (lihat ayat di atas)
3. Tunduk kepada Al Qur’an dan Sunnah.

Sayangnya, jika kita (mau) jujur terhadap diri, hidup kita lebih banyak menuruti/terjebak kehendak setan. Akibatnya, penderitaan dan kesulitan selalu kita hadapi.

Semoga kita bisa menjalani kehidupan sebagai seorang muslim secara keseluruhan. Aamiin.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20070420

Leave a comment