Khutbah Jum’at – 20070406

Manusia merupakan makhluk ciptaan ALLOH SWT yang paling baik bentuknya, sebagaimana disebutkan di At Tiin(95):4,“sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” Salah satu hal yg menjadikan manusia lebih unggul daripada makhluk ALLOH SWT lainnya adalah MEMILIKI AKAL.Akan tetapi, mengapa manusia seringkali bisa digoda dan terjerumus ke dalam tipu daya setan? Itu tidak lain karena manusia mempunyai sifat LUPA dan SALAH, sebagaimana tercantum di Al Baqarah(2):286,“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo`a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.”

Kedua sifat ini merupakan kelemahan utama manusia, sehingga akan selalu menjadi target setan, dalam upayanya menjerumuskan manusia ke dalam jurang kesesatan, kapanpun, di manapun, dan dalam kondisi bagaimanapun.

Cara paling tepat dalam menyelamatkan diri dari perangkap setan adalah dengan tidak menunda-nunda melaksanakan perintah agama (perintah ALLOH SWT dan Rasul-Nya). Selain itu, kita jangan sungkan untuk menghindari dan menjauhi larangan2 yg telah ditetapkan agama.

Hanya orang lalai, lupa, dan bodohlah yg akan menjadi korban tipu daya setan.

Semoga kita bisa menjadi manusia yg selalu waspada dan bisa menghindar dari tipu daya dan jebakan setan. Aamiin.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20070406

Leave a comment