Khutbah Jum’at – 20130419

Hari Jumat merupakan pemimpin bagi hari2 lain. Berikut ini beberapa keistimewaan hari Jum’at:
1. Nabi Adam as diciptakan
2. Nabi Adam as wafat
3. Nabi Adam as diturunkan dr surga
4. Ada waktu2 tertentu di hari ini, jika berdoa maka akan dikabulkan
5. Hari kiamat akan terjadi hari Jum’at

Sebaiknya kaum muslim memfokuskan kegiatan ibadah kpd اَللّهُ di hari jumat. Dengan kata lain, perhatikan bekal utk akhirat. Silakan baca kembali artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bekal untuk akhirat.

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam Surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 854)

Mari kita cek surat Al Ashr(103). “Demi masa. — Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, — kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.”

Dari ayat di atas, maka kita ketahui bahwa sesungguhnya اَللّهُ telah memberi jatah umur untuk hidup di dunia. Jatah umur ini berbeda untuk tiap orang. Bagaimanapun seseorang berusaha (dengan teknologi dan ilmu kesehatan) umur dibatasi, tidak ada yg hidup terus. Umur mesti digunakan untuk kebaikan. Hanya orang yg beriman pada اَللّهُ yg tidak akan merugi, sebagaimana disebut di Al Ashr di atas.

“Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti: “Seandainya kami dapat kembali (ke dunia), pasti kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami.” Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan ke luar dari api neraka.” (Al Baqarah(2):167)

Manusia adalah makhluk sosial, sehingga dia tidak bisa hidup sendiri. Sejak lahir hingga mati, manusia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini yg menjadikan adanya hak dan kewajiban. Manusia merupakan makhluk yg berinteraksi kpd اَللّهُ (hablul minalloh) dan manusia (hablul minannas). Namun sayangnya ada yang salah kaprah tentang ibadah, mereka lebih banyak beribadah dengan للّهُ padahal hubungan dengan makhluk2-Nya juga bisa menjadi ladang amal/ibadah.

Jalankan kewajiban dan hak kita selaku manusia, baik menyelesaikan dan menuaikan hak kepada sesama manusia maupun hak-nya اَللّهُ. Kematian adalah upaya اَللّهُ agar manusia bertanggung jawab dengan kehidupannya di dunia. Dan sesungguhnya manusia dan jin dicitpakan utk beribadah.

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Adz Dzaariyat(51):56).

Ibadah kepada اَللّهُ merupakan hal2 yg mesti dilakukan dan mesti dihindari. Tidak ada kaitan ibadah dg status sosial, kekayaan, ataupun hal2 lain. Orang yang tidak merugi adalah yg selalu mengingatkan agar kita selalu sabar saat hidup di dunia. Hal ini dikarenakan hidup di dunia adalah cobaan. Sebaik-baiknya orang adalah org yg paling bertakwa. Ujian dan cobaan diberikan utk mengangkat derajat dan membuktikan kesabaran manusia.

– Jaga diri dari hal2 yg syubhat. Yg halal itu jelas, yg haram juga jelas. Dan ada yg syubhat. apabila ada hal2 yg dirasa syubhat, hendaknya dihindari. “Sesungguhnya perkara yang halal itu jelas, yang haram itu jelas, dan di antara keduanya ada perkara-perkara yang samar (syubhat), yang tidak diketahui oleh banyak manusia. Barangsiapa yang menghindari syubhat itu berarti dia telah membersihkan diri untuk agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus ke dalam syubhat itu berarti dia terjerumus ke dalam perkara yang haram, seperti seorang penggembala yang menggembalakan (binatang ternaknya) di sekitar daerah terlarang, hampir-hampir dia akan masuk menggembalakan (binatang ternaknya) di daerah tersebut. Ketahuilah, bahwa setiap raja memiliki daerah terlarang. Ketahuilah bahwa daerah terlarang milik Allah adalah perkara-perkara yang haram. Ketahuilah, bahwa dalam tubuh ada segumpal daging, jika baik maka akan menjadi baik seluruh tubuh, dan jika buruk menjadi buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa itu adalah hati.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

– Zuhud, tidak cinta dunia. Orang yang cinta dunia akan takut mati, krn dia hanya akan memikirkan dunia, tidak memikirkan bekal utk akhirat.

– Tinggalkan yang tidak ada gunanya. Mengerjakan sesuatu yg tdk ada gunanya. Buang2 waktu, tenaga saja. Waktu tdk bisa kembali.

– Jika hendak beraktivitas yg baik, maka niatkan utk ibadah. Dg demikian aktivitasnya akan ada 2 nilai, nilai ibadah + hal dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: