Khutbah Jum’at – 20090717

Sholat adalah ibadaha jasadiyah (berhubungan dengan jasad) pertama yang disyariatkan (dan diwajibkan) daripada ibadah2 lain seperti puasa, zakat, ataupun haji.

Bagi kaum laki2, sholat dituntut untuk didirikan secara berjama’ah dan di masjid. Meski demikian, ada kelonggaran yg diberikan jika ada unsur yg sifatnya terpaksa.

Sholat berjama’ah bisa dilakukan baik di masjid maupun di tempat2 lain. Bahkan bisa dilakukan di mall ataupun tempat yg sempit sekalipun. Syarat sholat berjama’ah cukup mudah. Minimal dilakukan oleh 2 orang, dengan 1 orang menjadi imam dan 1 orang lagi menjadi makmum.

Dasar hukum sholat berjama’ah, antara lain:
“Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap-siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu.” (An Nisa(4):102)

– Dari Abdullah Ibn Umar, Rasululloh SAW bersabda,“Sholat berjama’ah lebih utama daripada sholat sendirian 27 derajat.” (HR Bukhari, Muslim,&Ahmad).

“Sholat berjama’ah itu lebih sempurna dari sholat sendirian, dan sholat berjamaah merupakan sunnah Rasul, tidak boleh ditinggalkan, kecuali oleh orang munafik.” (HR Ahmad)

Dalil-dalil di atas rasa-rasanya cukup untuk menjadi dasar bagi kita tidak meninggalkan sholat berjama’ah. Bahkan ayat Qur’an di atas menjelaskan bahwa meski suasana sedang perang sekalipun, sholat hendaknya dilakukan secara berjama’ah.

Manfaat sholat berjama’ah, di antaranya:
– manusia, sebagai makhluk sosial, tidak akan bisa hidup sendiri. Mereka saling membutuhkan dan ini merupakan FITRAH manusia. Dengan demikian, sholat berjama’ah bisa menjadi sarana untuk bertemu dan berinteraksi.

– Sholat berjama’ah telah memberikan gambaran kepada manusia secara kolektif tentang penciptaannya, yakni untuk meng-hamba-kan diri kepada ALLOH SWT. “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Adz Dzaariyaat (51):56)

– Sholat berjama’ah merupakan cerminan terjalinnya hubungan antara manusia dan ALLOH SWT. Inilah kunci keselamatan daari kebinasaan hidup di dunia dan akhirat. “Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia,” (Ali Imran(3):112)

– Sholat berjama’ah menghilangkan perbedaan serta mempersatukan manusia.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20090717

  1. www says:

    Thank you for your operate. Article helped me a good deal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: