Khutbah Jum’at – 20090123

Sebagai orang tua, hendaknya kita mesti mampu berkomunikasi dengan baik dan benar dengan anak-anaknya. Hal ini dikarenakan, banyak kasus kenakalan remaja terjadi karena tidak adanya komunikasi yg harmonis antara anak dan orang tua.

Untuk itu, orang tua mesti mengerti benar apa yg dimaksud dengan Qaulan Sadida (kata-kata yg benar). Yang dimaksud dengan kata2 yg benar di sini adalah sebagaimana tertulis di Al Qur’an sebagai berikut:

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (An Nisaa'(4):9)

dan

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,” (Al Ahzab(33):70)

Maksud dari kata-kata yang benar pada ayat2 di atas adalah tidak mengucapkan kalimat yg tidak baik, seperti berbohong, janji yg tidak pasti, kata2 kotor, porno, canda yg keterlaluan, ancaman, menakut-nakuti, dan lainnya.

Sebenarnya tidak hanya orang tua yg dilarang melakukan hal di atas, tapi dalam kasus ini orang tua menjadi subject dikarenakan jika orang tua tidak berkata-kata dengan benar, maka wibawanya akan turun di mata anak2nya. Walhasil, anak2nya tidak hormat dan efek ke depannya, si orang tua akan menyesal sementara si anak menjadi tidak benar.

Agar kata-kata yg benar tersebut efektif, maka diperlukan juga cara penyampaian dan waktu penyampaian yg tepat.

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yg baik. Aamiin.

4 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20090123

  1. asep says:

    salam, sebelumnya perkenalkan nama saya asep, untuk mengisi kekosongan waktu di sela2 kerja, saat ini saya sedang merintis dakwah dengan menerbitkan buletin sederhana dengan teman2 saya, saya mau minta izin (seandainya diperbolehkan) untuk mengutip artikel antum di buletin jumatan saya, dan insyaAllah jika buletin sudah terbit kalo sodara berkenan saya akan kirimkan contoh buletin kepada antum, jazakalloh…. saya tunggu konfirmasi antum…

  2. It's Me says:

    #Asep: silakan, dengan senang hati saya mengijinkan mengutip SEMUA artikel ini di buletin anda. Semoga bisa jadi amal kebajikan bagi kita dan bermanfaat di akhirat kelak, aamiin🙂 Terima kasih

  3. Maman al faris says:

    Alhamdulillah.,.Perkenalkn nama saya Faris.Kbetulan saya tinggal didaerah yg masih mayoritas muslim.Tp sngat sulit untk mnemukan khatib Jum’at.Trkdang waktu khutbah jd mundur krna mnunggu seorng khatib.Mudah2n dngan artikel saudara,saya bisa naik ke mimbar jum’at skdar mengisi kekosongn.Walau kdang agak gemetar.Namun da’wah ttp wajib. saya yg masih bodoh ini, msti lbih bnyk bljr lg.Wassalam.

  4. […] Khutbah Jum’at – 20090123 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: