Khutbah Jum’at – 20080808

Tema khutbah Jum’at kali ini adalah “Menguatkan Diri Dengan Sabar”.

Kehidupan masyarakat Indonesia masih belum bisa lebih baik sejak tahun 1997, sbg krisis multi dimensi. Meski banyak penduduk, tapi tidak ada pemimpin yg bisa melepaskan bangsa dari keterpurukan ini. Banyaknya pemimpin yg korupsi dan perbuatan jahat lainnya membuat kita hanya bisa mengelus dada.

Hidup bisa makin tidak pasti, namun bagi kaum muslim, sesungguhnya hidup adalah kepastian.
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” Al Baqarah(2):164

Orang mukmin yg sabar kepada ALLOH SWT, adalah yg:
1. ALLOH SWT telah ciptakan alam sesuatu dengan perhitungan yg pas
2. Tiap langkah perbaikan hidup senantiasa dilimpahi berkah, meski langkah2nya belum berhasil.

Mengapa kita mesti sabar?
1. Dengan sabar, kita akan lebih tegar menghadapi cobaan. Tidak sabar akan mengakibatkan:
(a) Cobaan tidak bisa dilalui
(b) Akan banyak kesedihan yg dirasakan

2. Dengan sabar, ALLOH SWT akan berikan kesuksesan. Sesuai dengan hadits,“Peliharalah (perintah dan larangan) Allah, niscaya kamu akan selalu merasakan kehadiran-Nya. Kenalilah Allah waktu kamu senang, niscaya Allah akan mengenalimu waktu kamu dalam kesulitan. Ketahuilah, apa yang luput dari kamu adalah sesuatu yang pasti tidak mengenaimu dan apa yang akan mengenaimu pasti tidak akan meleset dari kamu. Kemenangan (keberhasilan) hanya dapat dicapai dengan kesabaran. Kelonggaran bersamaan dengan kesusahan dan datangnya kesulitan bersamaan dengan kemudahan.” (HR. Tirmidzi)

3. Banyak berita baik dari ALLOH SWT bagi orang2 yg sabar.
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,” Al Baqarah(2):155

“Sungguh indah perkara orang-orang mu’min itu, terdapat kebaikan baginya dalam segala hal dan ini hanya untuk orang-orang mu’min. Apabila ia mendapat nikmat, maka ia bersyukur kepada Allah dan hal itu baik untuknya. Bila ia mendapat musibah, maka ia bersabar dan hal itu lebih baik baginya.” (HR Muslim)

Prakteknya, sabar dilakukan oleh orang non Muslim. Contohnya adalah pendiri Honda, yg tidak menyerah untuk terus melakukan eksperimen.

Dengan demikian, sabar adalah:
1. Terus berupaya cari solusi (konsisten)
2. Dinamis, tegar, tidak mudah menyerah

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20080808

  1. jenal mutakin says:

    Bahwa nafsu dpat dibagi tiga katagori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: