Khutbah Jum’at – 20080711

Ada 3 macam nikmat, yakni
Pertama, nikmat yg cara memperolehnya diketahui oleh manusia. Nikmat seperti ini pada umumnya bersifat duniawi atau materi. Orang yg bekerja keras akan mendapat penghasilan/uang/rejeki/nikmat sebesar apa yg dia usahakan.

Kedua, nikmat yg ditunggu-tunggu kehadirannya. Nikmat ini juga pada umumnya bersifat duniawi.

Ketiga, nikmat yg tidak dirasakan oleh manusia. Sebenarnya nikmat ini dirasakan dan disyukuri, namun tidak semua orang mensyukurinya karena hal itu tadi, tidak dirasakan oleh manusia. Banyak nikmat yg tidak disadari oleh manusia, umumnya berupa nikmat2 yg tidak terlihat atau dirasa ‘kecil’. Seperti kesehatan, umur, dst.

Setiap manusia WAJIB bersyukur atas nikmat yg dia dapatkan, baik dia sadari maupun tidak. Surat Ibrahim(14)7 senantiasa menjadi rujukan bahwa manusia yg bersyukur akan mendapatkan nikmat yg lebih besar. Sementara orang yg tidak bersyukur akan menerima azab-Nya. “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.”

Nikmat yg ada/diberikan kepada manusia akan menghilang (berkurang) jika dia berbuat maksiat. Sementara perbuatan amal salih (perbuatan baik yg mendapat ridho ALLOH SWT) akan memudahkan jalan datangnya nikmat yang ditunggu.

Artikel lain tentang nikmat bisa dibaca di sini.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20080711

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: