Khutbah Jum’at – 20080704

ALLOH SWT senantiasa memberikan nikmat yg tidak ada habis2nya serta tidak akan bisa kita hitung. Bahkan, jika air laut dijadikan tinta dan semua batang kayu dijadikan pena, tidak akan pernah bisa digunakan untuk menulis semua nikmat-Nya.

Hal ini diperkuat surat Ibrahim(14):34, ALLOH SWT berfirman,“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat lalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).”

Kita hanya bisa menghitung nikmat2 yg terlihat oleh kita saja, seperti:
– masih bisa bernafas dg normal, tidak melalui selang oksigen
– masih bisa makan, tidak diinfus
– masih bisa berjalan dengan normal, tanpa bantuan kursi roda

Bahkan orang2 yg sedang ditimpa kesusahan pun masih bisa bersyukur atas nikmat-Nya, seperti:
– orang yg memakai kursi roda, masih bisa bersyukur bahwa dirinya masih bisa beraktivitas di luar
– orang yg bernafas menggunakan selang oksigen masih bisa bersyukur bahwa dirinya masih hidup
– dst

Akan tetapi, manusia mempunyai sifat dasar pelupa, akibatnya, nikmat2 itu tidak pernah masuk dalam hitungan atau bahkan terpikir. Sebaliknya, mereka selalu melihat kesulitan dan kesusahan yg mereka derita.

Salah satu nikmat yg sering dilupakan adalah UMUR. Dari sekian banyak nikmat, ada yg mengatakan bahwa umur adalah nikmat yg paling mahal harganya dan paling tinggi nilainya. Penyebabnya, umur tidak bisa kembali atau diulang.

Untuk itu, kita mesti manfaatkan umur sebaik-baiknya, gunakan untuk mengabdi pada ALLOH SWT, banyak berbuat kebajikan, bermanfaat bagi orang banyak. Intinya: patuhi dan jalankan perintah ALLOH SWT dan jauhi larangan-Nya.

Bagi banyak orang, umur bertambah dianggap sebagai nikmat, padahal sebenarnya, semakin bertambah umur maka semakin dekat kita dengan ajal/kematian. Oleh karenanya, jangan terpedaya dg umur.

“Sebaik-baik manusia adalah manusia yg dianugerahi umur yg panjang dan banyak berbuat kebajikan. Seburuk2 manusia adalah manusia yg dianugerahi umur yg panjang dan diisi maksiat.”

Ada 5 nikmat yg mesti kita perhatikan:
“Gunakanlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara:1.hidup sebelum mati,2.sehat sebelum sakit,3.waktu luang sebelum sibuk,4.muda sebelum tua,5.kaya sebelum miskin.”

One thought on “Khutbah Jum’at – 20080704

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: