Khutbah Jum’at – 20080509

Bismillah,

Alhamdulillah, berkat taufik, hidayah, dan inayah-Nya, kita masih bisa bertemu di hari Jum’at.

ALLOH SWT berfirman di Ash Shaf(61):10-11,”Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? — (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya,”

Maksud dari ayat di atas, ALLOH SWT menawarkan kepada kaum muslim, tentang perdagangan yg keuntungannya dapat menyelamatkan kita dari siksa neraka. Tawaran ini diberikan agar kita selamat dunia-akhirat.

ALLOH SWT sudah menyediakan banyak hal yg halal bagi manusia, karenanya alangkah baiknya kita hindari hal-hal yg bersifat makruh, karena ALLOH SWT sesungguhnya tidak menyukai hal-hal yg makruh.

Beberapa hal yg mesti dilakukan seorang muslim:
1. Mempertahankan keimanan yg telah datang/diberi ALLOH SWT.

Al Baqarah(2):164,”Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Orang yg menjalankan perintah ALLOH SWT dan menjauhi larangan-Nya tidak akan mendapat masalah yg tidak bisa dipecahkan/diselesaikan. Selain itu ALLOH SWT akan memberi rejeki dari arah yg tidak diduga-duga. Seperti pada Ath-Thalaq(65):3,”Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Di akhir jaman ini, begitu banyak tantangan dan godaan. ALLOH SWT sudah memperingatkan hal ini,”Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Al Baqarah(2):168), Al An’am(6):142,”Dan di antara binatang ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu,”

Contoh yg paling nyata dari orang/manusia yg mendapatkan ‘musibah’ karena terjerumus perangkap setan adalah nenek moyang kita, Nabi Adam as dan Ibu Siti Hawa.

2. Mengikuti jejak/sunnah Rasululloh SAW, selaku Nabi dan Rasul terakhir.

Kita HARUS MEMPERCAYAI bahwa TIDAK ADA NABI DAN RASUL LAGI SETELAH NABI MUHAMMAD SAW! Siapapun yg datang dan mengaku sebagai Nabi dan/atau Rasul terakhir, terlebih di jaman sekarang, WAJIB KITA TOLAK! Dari sekian banyak Nabi dan Rasul yg diutus ALLOH SWT, hanya Nabi Muhammad SAW yg paling utama!

3. Membaca, menghayati, mengikuti, dan mengamalkan Al Qur’an dan Sunnah.

Rasululloh SAW mewariskan ilmunya melalui para ulama. Selama beliau menyebarkan Islam, 13 tahun di Mekkah bertumpu pada aqidah dan 10 tahun di Madinah dengan tumpuan menyempurnakan agama dan tatanan sosial.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20080509

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: