Khutbah Jum’at – 20080411

Rasululloh SAW bersabda,“Umatku pasti masuk surga, kecuali umatku yg tidak mau masuk surga.” Para sahabat merasa heran dengan pernyataan Rasululloh ini. Mereka bertanya,”Ya Rasululloh, siapakah dari umatmu yg tidak mau masuk surga?” Rasululloh SAW menjawab, bahwa umat beliau yg tidak mau masuk surga adalah umat beliau yg tidak mau melaksanakan/mengikuti sunnah beliau. (haditsnya juga bisa dilhat di sini)

Bisa dikatakan, ahli surga adalah ahlus sunnah wal jama’ah, yakni golongan umat Rasululloh SAW yg mengikuti dan melaksanakan sunnah2 beliau.

Untuk bisa mencapai/masuk surga, kita tidak bisa diam saja. Pelaksanaan ibadah dan beramal shaleh merupakan kunci untuk menggapainya. Kenyataan di Indonesia, umat Islam cenderung ingin masuk surga tanpa mau beribadah/melaksanakan perintah-Nya dan mengikuti sunnah-sunnah Rasululloh SAW.

Ar Ra’du(13):35 merupakan salah satu deskripsi surga. “Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.”

Surga hanya akan diisi oleh orang2 yg saleh. Yang dimaksud dengan orang2 saleh adalah:
– laki2 dan istrinya
– ayah dan ibunya
– kakek dan neneknya
– nenek moyangnya
– anak dan keturunannya

Namun, ada juga suami yg soleh dan istri yg durhaka, sebagaimana tercantum di At Tahrim(66):10,“Allah membuat istri Nuh dan istri Lut perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya); “Masuklah ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka)”.”

Ada juga kisah Nabi Nuh, yg anaknya (keturunannya) tidak mau mengikuti perintah ALLOH SWT yg disampaikan melalui bapaknya. “Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir.” — “Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang”. Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan.” — “Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” Dan air pun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang lalim.”” — “Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku, termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya.”” — “Allah berfirman: “Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan), sesungguhnya (perbuatannya) perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakikat) nya. Sesungguhnya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.”” (Hud(11): 42 – 47)

5 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20080411

  1. hanif says:

    Utk yg ingin memperoleh kumpulan khutbah jumat selama setahu bisa mengunjungi link ini http://ichsanmufti.wordpress.com/khutbah-jumat-setahun/
    Semoga Islam jaya

  2. Tajudin says:

    Tulisan kacau
    sebaiknya kalau menulis yang akan dipampang di layar diteliti terlebih dahulu, sesuai dengansumber atau tidak. Misal Ahlu Sunnah ada dalam hadits sedangkan Ahlu Sunnah wal jama’ah ada dalam faham kalam. hal ini apabila tidak teliti bisa-bisa mengundang polemik setidaknya bahkan bisa sesat dan menyesatkan. saya hawatir tujuan berdakwah namun tidak tepat sasaran

  3. ngebut_nyebut says:

    @tajudin
    Emang gue fiqirin…??

  4. Aldie says:

    tolong dong temanya di cantumin….
    thank’s ya…sukses selalu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: