Khutbah Jum’at – 20080307

Sebentar lagi kita akan masuk ke bulan Rabiul Awal, bulan kelahiran Rasululloh SAW. Perhatikan firman ALLOH SWT berikut,“(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang umi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Al A’raaf(7):157)

Dari ayat di atas, bisa dilihat, bahwa orang2 yg beruntung dunia akhirat adalah orang yg:
1. Memuliakan Rasul dan Nabi
2. Menolong Rasul dan Nabi
3. Mengikuti cahaya petunjuk Al Qur’an

Memperingati dan menyanjung Rasululloh SAW merupakan salah satu bentuk memuliakan beliau, kecuali jika diperingati dengan cara2 yg terdapat unsur maksiat di dalamnya, misalnya dg keramaian yg mencampurkan laki2 dan perempuan.

Menolong Rasululloh SAW bisa dilakukan dengan membelaa agama Islam, agama yg dibawa beliau. Untuk itu, landasilah perbuatan kita dengan penuh cinta kepada beliau.

Dengan cinta pada ALLOH SWT dan Rasul-Nya, maka kita akan mudah untuk berkorban untuk kepentingan agama. Semakin kita sering menolong agama ALLOH SWT, maka Dia juga akan menolong kita di waktu yg tidak kita duga.

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Muhammad(47):7)

Mengikuti cahaya Al Qur’an dengan cara banyak membaca, mempelajari dan mengamalkannya. Dengan begitu, perlahan tingkah laku kita akan menyerupai Al Qur’an, sehingga insya ALLOH akan selamat dunia akhirat.

Sebagai pesan akhir, mari kita tinjau kembali pesan Rasululloh SAW,“Aku tinggalkan bagi kamu 2 perkara, kamu tidak akan sesat selama kamu berpegang pada 2 perkara, yaitu Al Qur’an dan Sunnah. Pertanyaan pada diri kita, sudahkah kita berpegang pada Al Qur’an dan Sunnah? Atau kita malah menginjak2nya?

One thought on “Khutbah Jum’at – 20080307

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: