Khutbah Jum’at – 20080104

Kita masuk ke tahun baru, itu berarti umur kita akan bertambah. Sementara hakikatnya, hidup kita akan makin pendek. Para pemimpin dunia sekarang khawatir dengan ancaman kelaparan akibat pemanasan global. Akibat yang ditimbulkan bermacam-macam & menimpa semua makhluk, tidak peduli dengan suku, ras, agama, dsb.

Kerusakan hutan akibat pembalakan liar menjadi ancaman banjir. Harga minyak yang kian naik berakibat naiknya harga kebutuhan pokok.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” Ar Rum(30):41

Muhasabah/introspeksi mesti kita lakukan untuk melihat apa yg telah kita perbuat dan bersiap melakukan apa yang akan dilakukan di dunia dan di akhirat. Apakah pekerjaan yg baik atau buruk, kita mesti tinjau, baik itu mau atau tidak mau.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Al Hasyr(59):18

Rasululloh SAW tidak khawatir jika umat Islam miskin, beliau malah khawatir jika umatnya bergelimang harta/hidup mewah. Hal ini dikarenakan manusia lebih mudah untuk terlena akibat harta, meski ada juga yg bisa bertahan.

Hadirnya Rasululloh SAW di dunia adalah untuk membawa berkah bagi alam semesta, termasuk jazirah Arab, dari dunia kegelapan ke dunia yang terang benderang.

Muhasabah perlu dilakukan agar kita tidak terlena dg bujukan setan serta menjaga ke-istiqomah-an kita untuk berjuang di jalan ALLOH SWT.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20080104

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: