Khutbah Jum’at – 20071228

Manusia mencari ridho ALLOH SWT dengan cara meningkatkan ketakwaannya kepada ALLOH SWT. Dengan ketakwaan yang baik maka akan meningkatkan kemuliaan kita di mata ALLOH SWT.

Tiap manusia ingin hidup selamat di dunia dan akhirat. Dia akan menolak semua kejahatan dan kesulitan hidup. Sementara itu, kehidupan akan berjalan sesuai dengan sikap/tingkah laku manusia. Contoh, lapar hanya akan hilang jika manusia makan. Bodoh bisa dihindari jika manusia mau belajar, dan seterusnya.

Al Qur’an membawa petunjuk berisi keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Tinggal manusia yang tentukan/pilih, kehidupan macam mana yang ingin dia lakoni.

Apa yang terjadi di dunia merupakan sunnatulloh. Apabila sunnatulloh (keseimbangan) tidak berjalan dengan baik, maka akan terjadi bencana.

Sunnatulloh berlaku untuk semua makhluk, termasuk manusia sebagai khalifah di muka bumi. Sebagai contoh, ALLOH SWT ciptakan api untuk membakar. Maka manusia yang mesti berpikir manfaat dan bahaya api. Hal yang sama untuk ciptaan2 lainnya. Siang-malam, dingin-panas.

Ayat di Al Qur’an sudah menjelaskan tentang sunnatulloh (keseimbangan) ini,“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Al Baqarah(2):164). Ayat ini juga menjelaskan bukti kebesaran dan kemurahan hati ALLOH SWT.

Jika kita berbuat sesuatu, maka akibat atau efeknya akan kembali lagi kepada kita. Jika kita sering berbuat baik, maka hal baik yang akan kita dapatkan. Sebaliknya, jika kejahatan yang kita sebar, maka kita (cepat atau lambat) akan terkena efek kejahatan yang kita lakukan itu.

4 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20071228

  1. Nur Wakhid says:

    Tolong dong saya selalu dikirirmi Khotbah-khotbah

  2. nazari says:

    mohon saya berlangganan tentang kgutbah jumat

  3. aidis says:

    hakikat ketakwaan dalam kehidupan ialah ketka kita mampu merealisasikn nila-nilailuhur ketakwaan, dimanapun dan bagaimanapun keadaan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: