Khutbah Jum’at – 20071019

Banyak kaum muslim yg tidak menghargai perjuangan Rasululloh SAW (dan kaum sahabat) dalam menyebarkan Islam. Salah satunya adalah dengan (sengaja) meninggalkan sholat. Padahal sholat adalah kewajiban yg mesti didirikan oleh kaum muslim, karena ALLOH SWT sendiri sudah memerintahkan kaum musliim untuk mendirikan sholat, serta termasuk rukun Islam.

Beberapa ayat yg berisi perintah mendirikan sholat antara lain:
– Al Baqarah(2):110,“Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”

– Al Baqarah(2):277,“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sembahyang dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

– An Nisa(4):103,“Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

– At Taubah(9):11,“Jika mereka bertobat, mendirikan salat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.”

– At Taubah(9):18,“Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Rasululloh SAW sendiri merupakan sosok yg tidak pernah menginginkan umatnya terluka. Dalam satu kisah, ketika beliau mendapat hinaan dan cercaan dari penduduk Thaif, Jibril datang dan menawarkan diri untuk menjatuhkan bukit Uhud untuk membinasakan penduduk Thaif yg telah menghina Rasululloh SAW. Namun, apa jawaban Rasululloh SAW? Beliau malah berdoa agar penduduk Thaif dibukakan hatinya agar mendapat hidayah. Jika penduduk Thaif yg sekarang memang tidak menerima ajaran Islam yg dibawanya, Rasululloh SAW meminta kepada ALLOH SWT agar keturunan2nya mau memeluk agama Islam.

Maka, laksanakan ibadah dg sebaik-baiknya, yg sesuai dg contoh Rasululloh SAW.

One thought on “Khutbah Jum’at – 20071019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: