Khutbah Jum’at – 20130517

Dalam tiap kesempatan sesungguhnya sudah begitu banyak nikmat yang telah kita terima dari اَللّهُ. Nikmat tersebut tidak hanya berupa nikmat iman, Islam, tapi juga rejeki (materi ataupun non materi), kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Jika kita melihat surat Ibrahim(14):7,“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”, maka sudah selayaknya kita senantiasa bersyukur kepada اَللّهُ dan tidak pernah ada pikiran untuk mengingkari nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya.

Dlam surat At Takaatsur (102), اَللّهُ telah mengingatkan akan adanya kecenderungan manusia untuk berlomba mengumpulkan harta. Perlombaan mengumpulkan harta hanya bisa dihentikan dengan kematian. “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, — sampai kamu masuk ke dalam kubur. — Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), — dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. — Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, — niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, — dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainulyaqin, — kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).”

Jika kita merujuk pada Al Imron(3):14, اَللّهُ sudah mengingatkan bahwa fitrah manusia (terutama laki-laki) akan mencintai:
1. kesenangan dunia dalam hal perempuan
2. menciintai anak
3. ingin memiliki kekayaan yg banyak
4. mengendarai kendaraan mewah (dan banyak)
5. mempunyai gedung yg besar
6. memiliki hewan ternak
7. mempunyai sawah yg luas

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

Tentunya poin-poin di atas disesuaikan sesuai dengan jaman dan kondisi masyarakatnya.

Pada dasarnya semua kekayaan/kesenangan dunia di atas boleh dimiliki tapi mesti dilakukan/didapat dengan cara yang halal/baik. Saat ini banyak kaum laki-laki yang menerobos rambu2 dari اَللّهُ, sehingga untuk mendapatkan poin2 di atas, banyak yang menggunakan cara yang haram.

Salah satunya dengan menggunakan jimat.

Tujuan hidup manusia pada dasarnya berujung pada masuk surga atau dilempar ke neraka. Untuk itu, اَللّهُ sudah memberikan petunjuk, dengan kitab suci dan mengirim utusan-Nya untuk menjelaskan rincian dan implikasi dari ayat-ayat suci-Nya.

Pada dasarnya, kesenangan dunia tidaklah dilarang, namun mesti digunakan untuk kebahagiaan akhirat.

Sesungguhnya manusia & jin diciptakan utk ibadah kpd اَللّهُ, sebagaimana firman-Nya,“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Adz Dzaariyat(51):56). Karenanya jangan gara2 dunia, kita lalai akan akhirat. Padahal sebaik-baik dan sekekal-kekalnya adalah akhirat.

- “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (Al-An’am(6): 32)

- “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (Al-Ankabut(29):64)

- “Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.” (Muhammad(47):36)

Cinta dunia bisa dijadikan sarana untuk meraih bahagia di akhirat.

Muslim yang rumahnya/kantornya di Jakarta mengalami dilema, karena kemacetan membuat banyak orang melewatkan/ketinggalan magrib. Ini artinya orang lebih mendahulukan dunia dan melalaikan akhirat. Solusinya: berhenti dahulu/mencari lokasi sholat magrib di tengah perjalanan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: