Khutbah Jum’at – 20130510

Sesungguhnya begitu banyak nikmat dari اَللّهُ yg telah diterima kita. Semoga kita selalu menjadi hamba-Nya yang senantiasa bersyukur dan tidak kufur nikmat. Karena sesungguhnya dengan bersyukur, اَللّهُ akan memberikan lebih banyak nikmat lagi kepada kita. Sementara jika kita mengingkari dan kufur terhadap yang nikmat yang kita terima, maka kita akan menerima azab-Nya yang teramat pedih.

Hal ini sesuai dengan firman اَللّهُ di surat Ibrahim(14):7,“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Sudah sekian lama krisis melanda bangsa Indonesia dan kian hari kita perhatikan krisis tersebut kian memprihatinkan. Hal ini dikarenakan krisis tersebut melanda dan terjadi di berbagai aspek, entah itu sosial, budaya, politik, dan lainnya.

Dari berbagai pengamatan dan analisis, para ulama meyakini yahudi dan nasrani kian gencar menyerang umat Islam melalui budaya. Dikhawatirkan serangan ini akan mendangkalkan keimanan generasi muda kita, cepat atau lambat. Serangan melalui budaya merupakan salah satu metode perang pemikiran yang dilakukan oleh yahudi dan nasrani, dalam rangka menghancurkan Islam dengan melemahkan generasi muda Islam (muslim dan muslimah).

Menjelang pemilu 2014 di Indonesia, suhu politik kian memanas. Kian sulit pula membedakan kawan dan lawan. Tidak jarang terjadi sikut-sikutan antar politikus, entah dari partai politik yang sama, maupun yang bersebrangan paham politiknya. Dari sisi sosial, kita juga kian sulit menemukan kejujuran dari sosok yg ada di masyarakat. Tidak hanya di kalangan pemerintah, termasuk presiden, tapi juga di kalangan bawah, masyarakat jelata, relatif sulit menemukan sosok yang mengedepankan kejujuran. Semuanya menggunakan ‘topeng’ dan pencitraan seolah-olah dirinya merupakan orang dan pribadi yang baik.

Dari sisi ekonomi, harga2 kebutuhan pokok sudah mulai melambung, meski belum diresmikan kenaikan BBM. Bahkan ditengarai harga daging di Indonesia merupakan harga daging termahal di dunia. Anda bisa bayangkan, di Singapura, yang pendapatan tiap orangnya cukup tinggi, harga daging sapi tidak lebih dari Rp 45 ribu/kg. Sementara di Indonesia, yang pendapatan per kapitanya jauh lebih kecil, harga daging sapi menembus harga Rp 100 ribu/kg.

Sementara itu kekayaan alam di Indonesia belum bisa menjadikan rakyatnya sejahtera. Bukannya dikelola anak bangsa dan digunakan untuk kemakmuran bangsa, malah orang asing yang mengeduk dan menghabiskan kekayaan alam kita untuk kepentingan negara mereka.

“Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al A’raaf(7):96)

Saya yakin, kita semua berharap negeri kita menjadi negeri yang berkah, sebagaimana ayat di atas. Sebenarnya syaratnya mudah, yakni iman dan takwa kpd اَللّهُ. Akan tetapi kenyataannya, banyak kaum muslim yang hidupnya jauh dari sikap takwa. Padahal sebaik-baik baju bagi kaum muslim adalah takwa.

Salah satu contoh kehidupan yang jauh dari takwa adalah meninggalkan/melepas jilbab demi mengejar kenikmatan dunia (yang sesungguhnya semu).

Perintah takwa banyak diulang اَللّهُ di banyak ayat di Al Qur’an.
“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah(2):21)

- “Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur’an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa” (Al Baqarah(2):41)

- “Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapa dan karib kerabatnya secara makruf, (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertakwa.” (Al Baqarah(2):180)

- “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Al Baqarah(2):183)

dan masih banyak lagi ayat-ayat lainnya.

Banyak juga hadis dari Rasululloh SAW ttg takwa.
Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” dengan ikhlas, masuk surga. Para sahabat bertanya, “Apa keikhlasannya, ya Rasulullah?” Nabi Saw menjawab, “Memagarinya (melindunginya) dari segala apa yang diharamkan Allah.” (HR. Ath-Thabrani)

- Rasulullah Saw ditanya tentang sebab-sebab paling banyak yang memasukkan manusia ke surga. Beliau menjawab, “Ketakwaan kepada Allah dan akhlak yang baik.” Beliau ditanya lagi, “Apa penyebab banyaknya manusia masuk neraka?” Rasulullah Saw menjawab, “Mulut dan kemaluan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

- Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya menghapusnya. Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur. (HR. Tirmidzi)

- Bertakwalah kepada Allah karena itu adalah kumpulan segala kebaikan, dan berjihadlah di jalan Allah karena itu adalah kerahiban kaum muslimin, dan berzikirlah kepada Allah serta membaca kitabNya karena itu adalah cahaya bagimu di dunia dan ketinggian sebutan bagimu di langit. Kuncilah lidah kecuali untuk segala hal yang baik. Dengan demikian kamu dapat mengalahkan setan. (HR. Ath-Thabrani)

About these ads

One thought on “Khutbah Jum’at – 20130510

  1. Blog awak nie agak popular kat FB … ramai kawan2 share pos2
    dari blog awak… saya nak mintak izin share gak la
    .. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: