Khutbah Jum’at – 20130315

Di jaman Rasululloh SAW, para sahabat menimba ilmu dibimbing langsung oleh beliau. Di antara para sahabat yang keilmuannya cukup tinggi adalah Ali bin Abi Thalib dan Abdullah bin Abbas, yang keduanya mempunyai hubungan kekerabatan. Keduanya menjadi patokan/sandaran apabila sahabat/umat menghadapi masalah agama. Keduanya merupakan hasil pengkaderan/didikan langsung dr Rasululloh SAW. Bahkan Ali bin Abi Thalib dinyatakan sbg kunci ilmu pengetahuan.

“Sungguh Rasulullah saw adalah gudangnya ilmu, dan Ali Bin Abi Thalib adalah kuncinya.”

Sementara Abdullah bin Abbas didoakan secara khusus, agar mempunyai pemahaman yang mendalam tentang agama dan tafsir+takwil Al Quran. Usai didoakan Rasululloh SAW, Abdullah bin Abbas mengatakan bahwa setiap firman اَللّهُ di Al Qur’an telah diketahui takwil dan maknanya.

Sesungguhnya tiap diri manusia mempunyai 2 pintu, yakni pintu tempat turun rejeki dan pintu untuk bertobat & amal saleh masuk. Sesungguhnya اَللّهُ telah menyediakan dan menanggung rejeki utk setiap makhluk-Nya di muka bumi. Baik itu manusia maupun makhluk lainnya. “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz).” (Hud(11):6)

Sesungguhnya setiap tempat di bumi adalah tempat sholat, kecuali di kuburan dan tempat yg ada najisnya.

Dari Jundub bin Abdullah Al-Bajlaa, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lima hari sebelum beliau wafat, beliau bersabda, “Ketahuilah bahwa umat sebelum kalian menjadikan kubur para nabi mereka dan orang-orang shalih mereka sebagai masjid. Ketahuilah, jangnlah kalian menjadikan kuburan sebagai masjid-masjid. Sesungguhnya aku melarang kalian dari hal tersebut.” (Hadits shahih, riwayat Muslim)

Dari Abu Sa’id Al-Khudry, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Seluruh bagian bumi adalah masjid, kecuali kuburan dan kamar mandi’.” (Hadits shahih, riwayat Ibnu Majah, Abu Daud, dan Tirmidzi)

Dari Barra ‘ bin Azib, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang shalat di kandang unta, maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Janganlah kalian shalat di kandang unta, karena sesungguhnnya itu di antara tempat setan-setan.’ Dan beliau ditanya tentang shalat di kandang kambing, maka beliau bersabda, ‘Shalatlah kalian di sana karena dia merupakan tempat yang mengandung berkah.’.” (Hadits shahih, riwayat Ibnu Majah dan Abu Daud)

Apabila orang sering sholat/sujud di setiap pelosok bumi dan selalu bermunajat, berdoa & minta ampun, maka langit dan bumi akan selalu merindukan orang ini. Pada saat org tsb mati, maka langit & bumi akan menangisi kematiannya.

Sesungguhnya setiap isi langit dan bumi hanya tunduk kpd اَللّهُ,tdk kepada dzat yg lain.

Marilah kita lalui hari demi hari dengan kebaikan dan amal kebajikan. Jangan lakukan perbuatan yg tidak diridhai اَللّهُ karena hanya mengakibatkan keburukan dan kerusakan semata.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: