Khutbah Jum’at – 20090508

Masyarakat Indonesia sedang dilanda ‘virus’ kemarahan. Di banyak tempat, banyak orang yg mudah marah. Di rumah, jalanan, lapangan sepakbola, bahkan di tempat ibadah. Akibatnya kita seperti berada di sebuah negeri yg tidak mempunyai sopan santun pergaulan. Pers dan media juga lebih suka untuk menayangkan dan memberitakan kemarahan daripada meredamnya.

Celakanya, para ulama dan kaum cendekia juga tertular virus ini.

Banyak khotbah, ceramah, dan bahkan makalah yg membahas tentang kemarahan, nada geram, dan muka yg merah padam menahan kemurkaan. Hal ini menimbulkan bahwa khotbah dan makalah yg tidak disertai dg kemarahan bukanlah khotbah dan makalah yg sejati.

Khutbah Jum’at seringkali dijadikan ajang sang ustad untuk menunjukkan kebencian yg luar biasa, menghujat pihak2 tertentu yg tidak sealiran atau sepaham dengannya. Sifat takabur dan merasa lebih pintar akan terasa begitu dominan, sehingga melunturkan semangat dan ruh menasihati dan kebersamaan dalam beragama.

Kegeraman dan kemarahan para ulama dan ustad tidak sedikit yg dipicu dari selebaran2 yg mengajarkan kemarahan dan kegeraman dg dalih “amar ma’ruf dan nahi munkar”. Celakanya, banyak kaum bawah yg tertarik dan menelan mentah-mentah ucapan2 sang khotib/ulama ini. Layaknya aliran bensin yg dilempar korek api, maka masyarakat semakin mudah disulut kemarahannya dengan hal2 yg sifatnya sepele.

Terkadang dalih tekanan ekonomi, ketimpangan sosial dijadikan alasan dan pembenaran untuk perilaku mereka. Namun, semestinya mereka ingat, mereka menganut Islam, agama yg menyebarkan perdamaian dan ketenangan, seperti yg diperlihatkan Rasululloh SAW.

Rasululloh SAW sendiri:

  • Mempunyai budi pekerti yg agung,“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (Al Qalam(68):4)
  • Lemah lembut, tidak kasar dan tidak kaku sebagaimana ayat berikut,“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (Ali ‘Imran(3):159)
  • Suri tauladan yg baik,“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al Ahzab(33):21)
  • Tidak pernah mengumpat
  • Menjauhi caci maki
  • Tidak menegur dengan cara yg menyakitkan hati

Semoga bangsa ini, termasuk para ulama, bisa meneladani perilaku Rasululloh SAW ini.

About these ads

10 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20090508

  1. naura yunza says:

    minta muqodimah dan penutup khutbah idul adha dalam bahasa arab.terima kasih

  2. [...] Filed under: Khutbah Jum’at | 1 Comment » [...]

  3. jalil says:

    trimakasih, saya banyak terbantu dengan teks-teks khutbah. bahkan saya terinspirasi meramaikan khazanah materi khutbah untuk membantu para dai-khatib. saya juga mohon bimbingan, kritik dan doa ustadz, trimakasih.. ini salah satu posting dari blog baru saya http://kangdjalil.blogspot.com/2010/12/tafsir-taawwudz.html

  4. Ihdas says:

    Mau access khutbah tiap minggux bisa dibantu?

  5. alghoviqy says:

    permintaan mohon ada yg pake bahasa sunda

  6. Zulfa Aurora says:

    Terimakasih telah mempermudah tugas Fa… ^.^

  7. Bayu Rezki says:

    terimah kasih atas semuanya karena dengan adanya blog ini saya sangat terbantu untuk mencari khutbah jumat

  8. Akbar Husain says:

    terima kasih atas informasinya. semoga artikel ini bermanfaat.. dan saya ingin meng-copas artikel ini untuk keperluan pekerjaan rumah saya. semoga admin dari blog ini mengijinkan. #maaf atas ketidaksopanan ini.. dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: