Khutbah Jum’at – 20081226

Imam Ghazali membagi puasa dalam 3 tingkatan.

Pertama, puasa tingkat umum, yakni menahan mulut dari berbagi makanan dan minuman serta menahan farji (kemaluan) dari berhubungan suami istri (jima’).

Kedua, puasa tingkat khusus, yakni menahan anggota tubuh dari segala macam maksiat. Kaki hendaknya tidak berjalan ke tempat maksiat, tangan dijaga agar tidak berbuat maksiat, menjaga mulut agar tidak mengucapkan kata-kata yang dilarang ALLOH SWT, baik dalam bentuk mengumpat, berbohong, menggunjing, dan lainnya.

Juga menjaga telinga dari mendengarkan hal-hal yang terlarang. Sama halnya menjaga mata dari melihat hal-hal yang tidak baik.

Ketiga, puasa tingkat tertinggi yaitu menjaga hati dan berpikir selain ALLOH SWT dan hari akhir, menghindari hal-hal rendah di mata ALLOH SWT, termasuk tentang urusan dunia, kecuali yang berhubungan dengan akhirat.

Pada puasa tingkat tertinggi ini tidak hanya mulut dari berbagi makanan dan minuman serta menahan farji (kemaluan) dari berhubungan suami istri (jima’), serta anggota badan dari perbuatan maksiat, tapi juga menjaga hati dan pikiran.

Orang yg berpuasa pada tingkat pertama hanya akan merasakan lapar dan haus. Tidak ada hal lain yg dia dapat. Orang tipe ini hanya akan menggugurkan kewajiban atau dosa akibat meninggalkan puasa.

Marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk melakukan puasa tingkat ketiga, walau seberat apapun. Karena itulah kualitas puasa sesungguhnya, agar kita bisa mencapai tingkat orang-orang yang bertakwa.

About these ads

19 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20081226

    • Budiono says:

      Assalamu’alaikum Wr Wb,

      Pa ustadz, apa kabar? baik2 saja, saya baca khutbah Jum’atnya tentunya sangat bermanfaat dalam menambah wawasan keislaman saya, sering2 menulis kajian islam
      tks.

      wassalamu’alaikum Wr Wb.

  1. Samsul Bahri says:

    Khutbah Jum’at

  2. lukma says:

    Good posting.
    minta izin COPY ya… ada tugas mencari kumpulan khotbah.

  3. Neku Sakuraba (Nama samaran) says:

    meli kum Khotbah yg bener yg mana :banghead:

  4. q mau bca khutbah jum’at dg lngkap gmn crax?

  5. fildza says:

    izin copy ya, ada tugaass khutbah hehe :D

  6. iis says:

    aku juga yah

  7. slamet says:

    Apakah sudah jelas bahwa al Ghazali yang pertama memaknai arti puasa itu ke dalam 3 bagian

  8. farras says:

    minta izin copy ya , ada tugas khotbah. mksh

  9. Asrul says:

    Assalamu alaikum.Mnt tlg sy dikirimin kumpulan khutbah n doa2 di email salsa_09@ymail.com. trm ksh atas dakwahx

  10. assalamualaikum. Saya Mnt tolong dikirimin khutbah ke email genesiawahyu@gmail.com. terima kasih atas dakwahnya

  11. chandra says:

    wek…
    kok ga da syahadat, hamdalah, salawat juga seh..
    itu kan syarat ma rukun khotbah..
    bwt tugas ga ketemu =____=”

  12. anam says:

    assalamualaikum tolong di kirim khutbah dan doa yusuf
    terima kasih atas kirimannya.

  13. khollikan says:

    jazakumullohu khoiro

  14. amelia says:

    saya butuh khutbah jum’at yang pertama dan kedua tentang maulid nabi kok susah sekali ya dicarinya. mohon bantuan…… yang bagian arabnya.

  15. farli says:

    mohon kalo ada sama bahasa arabx juga biar biar lebih mantap…nanti bisa kita pake

  16. [...] Filed under: Khutbah Jum’at | 16 Comments » [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: