Khutbah Jum’at – 20080829

Sebentar lagi kita akan masuk bulan Ramadhan. Sebuah bulan yg sangat dinanti oleh para muslim, bahkan Rasululloh SAW sendiri sudah mengatakan bahwa Ramadhan adalah yg dinanti.

Rasululloh SAW bersabda, bahwa kaum muslim yg menyambut Ramadhan dengan suka cita, lalu beribadah dan mengisi hari2nya dengan kebajikan, maka dia akan terbebas dari api neraka.

Oleh karenanya, marilah kita persiapkan diri kita, baik jasmani dan rohani, untuk menyambut dan mengisi hari-hari di dalamnya.

Puasa ~ shiyam ~ shaum merupakan istilah yg sering kita dengar. Namun kata shiyam lebih populer dibandingkan dengan shaum. Adapun kata shaum digunakan pada sebuah ayat di surat Maryam (17) ayat 26,“Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini”.”

Ayat yg paling populer mengenai puasa adalah Al Baqarah(2):183,“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Puasa, secara syariat mulai dilakukan sejak jaman Nabi Adam as.

Salah satu maksud berpuasa adalah untuk mendapatkan tingkatan takwa kepada ALLOH SWT. Adapun apabila badan menjadi sehat dan fit, itu adalah ‘efek samping’ tambahan.

Ibadah di bulan Ramadhan akan ‘naik’ kedudukannya. Dari yg semula sunnah akan dinilai sebagai ibadah wajib. Sementara ibadah wajib akan dikenai berlipat-lipat pahalanya.

Kita mendirikan sholat janganlah karena mencari pahala ataupun sekedar menggugurkan kewajiban saja, tapi juga untuk menambah semangat dan jiwa kita dalam hidup di dunia yg sudah penuh dengan kesulitan ini. Janganlah ibadah dilakukan untuk pamer, karena dengan pamer (riya) maka amal ibadah kita akan hangus.

Anak kecil yg masih belum baligh, tapi dia sudah mati (dipanggil kembali oleh ALLOH SWT), maka dia akan menjamin orang tuanya masuk surga.

About these ads

4 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20080829

  1. ali says:

    askum wr wb
    tolong ana dikirimi kumpulan khotbah Jum’at untuk bulan Muharram sampai bulan Zulhijjah lengkap
    terimakasih atas kebaikannya.
    semoga Allah membalas dengan berlipat ganda,amin.

  2. halim says:

    Asslm ikutan gabung mas…

  3. dewi says:

    yangt bener saja kpo k ringkas bange3t

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 900 other followers

%d bloggers like this: