Khutbah Jum’at – 20080425

Hari Jum’at sudah ditetapkan sebagai hari istimewa, karena di hari Jum’at ini ada ibadah sholat Jum’at yang tertera dalam Al Qur’an, Al Jumu’ah(62):9,“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Saat sholat Jum’at, tidak hanya ibadah sholat yang dilakukan. Juga ada infaq dan shodaqoh.

Sholat Jum’at merupakan salah satu ibadah yang mesti dilakukan, karena ALLOH SWT menyatakan bahwa DIA menciptakan manusia dan jin hanya untuk beribadah kepada ALLOH SWT. Mari kita perhatikan Adz-Dzariyat(56):51,“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”

Ada 2 jenis ibadah:
1. Ibadah khusus. Yang dimaksud dengan ibadah khusus adalah ibadah yg mempunyai aturan untuk melakukannya. Contohnya: sholat, zakat, ibadah haji, dll.
2. Ibadah umum. Sementara ibadah umum bisa dilakukan kapanpun. Contohnya: shodaqoh, infaq, senyum, dll.

Sebagai ibadah umum, infaq dan shodaqoh mempunyai keistimewaan, yakni berlipat gandanya ganjaran sedekah, seperti tertera pada Al Baqarah(2):261,“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Sementara itu, sedekah kepada orang miskin mestilah dilakukan dengan ikhlas. “Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” Al Baqarah(2):263.

Kita harus yakin bahwa ALLOH SWT Maha Kaya, sehingga kita jangan ragu untuk bersedekah dan infaq, terlebih lagi untuk pembangunan masjid. Karena bersedekah/infaq untuk pembangunan masjid, insya ALLOH, akan menjadi amalan yang menolongnya kelak di akhirat, sebagaimana hadits Rasululloh SAW,”Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (baik laki-laki maupun perempuan) yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

About these ads

2 thoughts on “Khutbah Jum’at – 20080425

  1. agus susanto says:

    membuat q tau akan pentingnya sodaqoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: