Khutbah Jum’at – 20080118

Hikmah adalah harta berharga milik kaum muslimin yang hilanag, karena seringkali kaum muslimin tidak mampu menuai hikmah dari setiap peristiwa yang dijalani atau yang tengah menimpanya. Kita lebih sering mengedepankan emosional yang berapi-api (atau sebaliknya) sehingga lupa diri.

Sebagai contoh, ketika ditimpa musibah maka emosi akan memuncak, saling menyalahkan, dan bahkan terkadang menganggap bahwa melakaukan kejahatan adalah suatu kewajaran dengan dalih menutupi kebutuhan akibat tertimpa musibah.

Demikian sebaliknya, ketika mendapat nikmat, seringkali lupa diri, merasakan kegembiraan yang luar biasa. Tak sedikit yang terjerumus ke dalam lembah maksiat dan kejahatan. Dapat kita lihat sekarang, betapa banyak latar belakang narapidana yang masuk penjara adalah artis, pejabat, dst. Artis masuk penjara karena kasus narkoba, pejabat masuk penjara karena korupsi dan penyalahgunaan jabatan.

Itulah potret kebanyakan saudara kita (bahkan barangkali kita juga termasuk di dalamnya), belum mampu menggali hikmah dari setiap peristiwa yang berlangsung. Padahal jika kita kaum muslimin mau sejenak bertafakkur mencari hikmah yang hilang, insya ALLOH hidup akan lebih baik.

Sesungguhnya, bertafakkur sejenak adalah lebih baik daripada beribadah seribu kali.

About these ads

One thought on “Khutbah Jum’at – 20080118

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 903 other followers

%d bloggers like this: